Apa Itu Metaverse dan Contoh Crypto Metaverse Terbaik

Jakarta, Sahamok.net – Membayangkan di masa depan bagaimana orang-orang dapat mengirimkan versi digital mereka sendiri ke dalam tugas & pekerjaan yang mewakili mereka. Dunia tempat orang-orang berkumpul dengan teman secara online, bermain video games, shopping, membayar tagihan, scrolling media sosial, dan menonton berita dari dalam realitas virtual (virtual reality). Banyak yang percaya bahwa Metaverse adalah babak selanjutnya dari Internet. Tertarik mengenal apa itu Metaverse, cara kerja, dan aspek fundamental Metaverse? Ulasan berikut ini akan mencakup asal-usul Metaverse dan bagaimana cryptocurrency dan teknologi blockchain menjadi elemen utama dari proses evolusi.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah konsep dunia virtual berbasis 3D yang ada sebagai hub online untuk mengoneksikan orang-orang di semua aspek kehidupan. Ini merupakan jaringan yang terdiri dari gabungan ruang digital. Dengan konsep dan cara yang mirip seperti web browser yang menghubungkan berbagai platform, Metaverse akan menjadi perbatasan baru untuk aksesibilitas online. Ini juga akan berfungsi sebagai pintu masuk untuk tempat kehidupan sehari-hari.

Cara Kerja Metaverse

Metaverse adalah ruang baru dengan teknologi imersif, yang nantinya menghilangkan batasan antara dunia digital dan dunia fisik, sehingga pengguna akan merasakan kehidupan di ruang digital serasa dunia nyata. Orang-orang akan memasuki ruang Metaverse dengan menggunakan headset realitas virtual atau virtual reality (VR) headset yang diperbesar dan dibawa ke realitas virtual. Setiap pengguna memungkinkan untuk mengunjungi berbagai tempat, main game, dan berinteraksi dengan orang lain sambil menjelajahi berbagai platform digital.

Potensi Metaverse sangat besar, seperti menggerakkan hidup orang-orang seperti yang diketahui menuju pengalaman online yang begitu mendalam. Ini membuat orang-orang ikut berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari dan terlibat dalam berbagai aplikasi online secara efisien. Metaverse memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal, tidak terbatas untuk bekerja, bermain game, pergi ke sekolah, menonton film, pergi ke konser, berbelanja, berkeliling dunia, dan sebagainya. Ini benar-benar akan menjadi dunia baru tanpa batas.

Istilah dan Asal-Usul Metaverse

Istilah Metaverse pertama kali diciptakan dan muncul dalam novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson berjudul Snow Crash tahun 1992. Dalam buku tersebut Metaverse adalah gambaran untuk dunia digital paralel yang dihasilkan komputer di mana orang-orang saling berinteraksi satu sama lain dalam bentuk avatar. Ini merupakan dunia virtual bersama yang begitu mendalam di mana Anda dan kita semua berkumpul untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti bersosialisasi, bermain game, bekerja, dan lainnya. Wawasan tetang asal-usul (sejarah) Metaverse dapat dirincikan sebagai berikut:

1. Video game

Akar awal dari Metaverse adalah dalam game. Banyak permainan modern dengan model ekonominya tersendiri: setiap video game biasanya menggunakan mata uang digital unik sendiri yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi di dalamnya. Selain itu, pemain juga dapat membeli token dalam game dengan mata uang fiat untuk melakukan peningkatan pada avatar mereka, termasuk membeli berbagai aset digital: tanah, senjata, dan sebagainya.

Game terpopuler seperti Minecraft (Minecoins), Grand Theft Auto Online (Shark Cards), Fortnite (V-Bucks), dan Roblox (Robux) sama-sama menggunakan token asli mereka sendiri dan hanya bisa digunakan sebagai mata uang digital pada platform tertentu.

2. Second Life

Contoh paling awal dari yang terlihat seperti Metaverse adalah Second Life. Dibuat pada tahun 2003, Second Life adalah sebuah dunia virtual online yang memungkinkan orang-orang untuk membuat avatar diri mereka sendiri dan menjalani “kehidupan kedua/second life“. Setiap pengguna dapat pergi ke berbagai pertemuan sosial, konferensi pers, konser langsung, dan bahkan menghadiri kuliah. Tidak hanya, itu, mereka juga dapat membeli tanah, berbelanja, atau sekadar mengunjungi teman. Sepertinya Second Life berjalan dua puluh tahun lebih cepat dari waktunya.

Jadi, games yang telah disebutkan di atas dan juga platform seperti Second Life akan membuka jalan bagi generasi baru game online. Secara khusus, ekosistem games ini dibangun di atas teknologi blockchain dengan menggunakan cryptocurrency dan non-fungible token (NFT).

Hubungan Antara Crypto dan Metaverse

Ketika dunia game berkembang bertransformasi secara online, game berbasis blockchain lahir. Ini merupakan game generasi baru dengan basis teknologi blockchain dan kombinasi antara crypto dan non-fungible token (NFT). Sekarang ada banyak sekali games play-to-earn berbasis blockchain yang masing-masing memiliki elemen Metaverse sendiri.

Beberapa contoh platform berbasis crypto Metaverse terbaik & terpopuler yang memiliki token kripto asli adalah sebagai berikut:

  1. Decentraland (MANA)
  2. The Sandbox (SAND)
  3. Axie Infinity (AXS)
  4. Star Atlas (ATLAS)
  5. Bloktopia (BLOK)

Model play-to-earn memungkinkan gamers untuk mendapatkan crypto gratis (yang pastinya bisa dikonversi mejadi uang asli). Pemain akan mendapatkan hadiah (reward) token berbayar karena telah berpartisipasi aktif dalam permainan. Semakin banyak mereka bermain, semakin banyak pula token yang dapat dihasilkan.

Token crypto dalam game ini kemudian dapat diperdagangkan dengan uang fiat atau ditukar dengan aset digital lainnya di pasar terbuka, melalui pertukaran DeFi seperti Uniswap dan Sushiswap serta di beberapa pertukaran terpusat (crypto exchanges), juga di platform multiaset.

Platform Beli Crypto Terbaik

  • Broker
  • Info
  • Peringkat
  • Link Buka Akun
  • $100,000 Akun Demo
  • Copy Trading
  • Saham, Forex & Bitcoin
5/5

Reviews

    Reviews

    https://www.sahamok.net/visit/etoroCreate your account
    Hide Reviews
    • jual beli lebih dari 2,000 jenis saham
    • Bisa mengikuti cara investor sukses
    • Regulasi terjamin
    4.8/5

    Reviews

      Reviews

      https://www.sahamok.net/visit/capitalCreate your account
      Hide Reviews
      • Bonus Hingga $600
      • Leverage Up to 100x (Crypto)
      • Tersedia Edukasi Gratis
      4.7/5

      Reviews

        Reviews

        https://www.bybitglobal.com/register?affiliate_id=25342&group_id=36469&group_type=1Create your account
        Hide Reviews

        Crypto adalah pilihan paling logis untuk transaksi keuangan di ekosistem Metaverse. Ini bersifat terdesentralisasi, dapat relatif mudah diperdagangkan, dan telah mendapatkan adopsi sebagai alat pembayaran digital oleh komunitas game dan pihak lainnya.

        Setiap pemain dapat menggunakan aset crypto mereka untuk membeli properti virtual dan tanah di dunia virtual yang berbeda yang juga merancang infrastruktur di ruang game tersebut. Mereka dapat membangun seperti rumah virtual dan membuat tampilan yang dapat disesuaikan untuk avatar digital mereka. Selain itu, mereka juga dapat membeli, menukar, dan menjual aset digital ke para pemain lain, termasuk memperdagangkannya sebagai non-fungible token (NFT).

        Elemen Utama dari Metaverse

        Menurut para ahli, ada tiga aspek kunci atau elemen utama dari Metaverse, yaitu sebagai berikut:

        1. Kehadiran. Ini merupakan perasaan benar-benar berada di ruang virtual dengan orang lain. Teknologi seperti headset VR akan membantu mencapai hal ini.
        2. Interoperabilitas. Ini merupakan perjalanan tanpa batas antara ruang virtual, memungkinkan aset virtual seperti avatar dan kulit untuk digunakan di berbagai platform. Cryptocurrency dan token non-fungible (NFT) akan memfasilitasi transfer barang digital melintasi batas virtual.
        3. Standardisasi. Ini mengacu pada penggunaan standar teknologi umum, yang penting untuk adopsi secara luas dan akan memungkinkan interoperabilitas antara platform dan layanan di seluruh Metaverse.

        Hardware Yang Dibutuhkan di Ruang Metaverse

        Bagi mereka yang ingin memasuki Metaverse, perangkat keras terpenting adalah virtual reality (VR), headset augmented reality (AR), dan perangkat keras komputer yang mampu menjalankannya dengan lancar. Meskipun teknologinya sudah ada di sini, masih perlu menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses oleh konsumen umum sebelum kita melihat adopsi massal.

        Sementara headset VR memberikan simulasi kehidupan nyata dari alam semesta virtual yang dapat kita lihat dan dengar, setelan umpan balik haptic seluruh tubuh akan memungkinkan kita untuk merasakannya juga.

        Tesla telah bermitra dengan Somnium Space (dunia VR yang dibangun di atas blockchain Ethereum) untuk mengembangkan Teslasuit. Mengenakan jas Anda bisa merasakan sensasi sentuhan: panas dan dingin, kasar dan halus, senang dan sakit. Ini akan membantu menciptakan pengalaman Metaverse yang sepenuhnya imersif.

        Fakta menarik: Film 2018 Ready Player One menampilkan dunia virtual multi-pemain besar yang dimasuki pemain melalui realitas virtual (VR), serta setelan haptic yang memungkinkan pemain untuk merasakan dunia itu.

        Potensi Metaverse

        Metaverse berpotensi menjadi sektor industri multi-triliun dolar. Itu memungkinkan bahwa hampir setiap elemen masyarakat ingin hadir di sana. Potensi untuk menjangkau banyak orang secara efisien dan hemat biaya pastinya sangat menarik. Mungkin jug bahwa Metaverse akan mencakup semua aspek kehidupan manusia, termasuk bekerja, berinteraksi, bermain, berbelanja, main game, kencan, belajar, akses pariwisata, dan banyak lagi. Metaverse adalah tempat yang memungkinkan semua elemen ini bersatu secara online dan hidup secara berdampingan dalam satu dunia virtual berbasis 3D.

        Kapan Metaverse Terealisasi?

        Perlombaan ke Metaverse tampak telah dimulai. Batas waktu yang diperkirakan untuk realisasinya adalah sekitar lima sampai 10 tahun. Namun, kita sendiri sudah melihat sekilas bagaimana penampilan Metaverse dan euforianya hari ini.

        Perusahaan teknologi pastinya harus selalu beradaptasi, atau jika tidak mereka akan mati, itulah mengapa banyak perusahaan sekarang masuk ke Metaverse. Sama seperti Facebook (FB) yang mengambil alih Myspace dan Apple untuk menggantikan Nokia, dunia baru saat ini akan semakin digital. Sepertinya kebanyakan perusahaan yang sudah punya situs web ingin mengambil bagian di ruang Metaverse.

        Fakta menarik: Facebook, perusahaan media sosial dan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, telah memperhatikan ruang crypto. Ini kemudian rebranding dari FB ke Meta, perusahaan telah mengalokasikan sumber daya mereka untuk mengembangkan berbagai macam produk dalam rangka masuk ke sektor Metaverse.

        Pandangan Akhir

        Metaverse adalah dunia virtual yang berperan sebagai pusat online untuk menghubungkan setiap dalam berbagai (bahkan semua) aspek kehidupan mereka. Ruang metaverse tidak berdiri sendiri, sehingga membutuhkan integrasi, seperti pada crypto dan non-fungible token (NFT). Metaverse dianggap akan menjadi sektor ekonomi raksasa di masa depan. Pasalnya, ini akan menjadi dunia baru berbasis digital dengan rasa seperti dunia nyata. Orang-orang dapat melakukan kegiatan sehari-hari mereka, seperti berkerja, belajar, berinteraksi, menghadiri acara, bermain games, dan lebih banyak potensi lainnya. Sementara itu, melihat potensi besar di ruang ini, banyak orang mulai berinvestasi pada crypto metaverse terbaik yang potensial. Beberapa yang populer seperti koin MANA, SAND, AXS, dan sebagainya.

        Leave a Reply

        avatar

        This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

          Subscribe  
        Notify of

        Broker Terbaik Indonesia 2022

        • Broker
        • Info
        • Peringkat
        • Link Buka Akun
        • $100,000 Akun Demo
        • Copy Trading
        • Saham, Forex & Bitcoin
        5/5

        Reviews

          Reviews

          https://www.sahamok.net/visit/etoroCreate your account
          Hide Reviews
          • jual beli lebih dari 2,000 jenis saham
          • Bisa mengikuti cara investor sukses
          • Regulasi terjamin
          4.8/5

          Reviews

            Reviews

            https://www.sahamok.net/visit/capitalCreate your account
            Hide Reviews
            • Forex, CFD, and Crypto
            • No minimum deposit
            • No direct withdrawal or deposit fees
            • Competitive spreads, margins and trading costs
            4.8/5

            Reviews

              Reviews

              https://go.oanda.com/visit/?bta=35112&nci=5439Create your account
              Hide Reviews
              • +160 CFD assets
              • Gratis tools fundamental & teknikal
              • Tampilan MT4 yang mudah
              4.7/5

              Reviews

                Reviews

                https://portal.xpromarkets.com/ind/live_signup&brd=1&sidc=FCD9140E-61B4-4F70-B6C2-331143180AFBCreate your account
                Hide Reviews
                • Bonus Hingga $600
                • Leverage Up to 100x (Crypto)
                • Tersedia Edukasi Gratis
                4.7/5

                Reviews

                  Reviews

                  https://www.bybitglobal.com/register?affiliate_id=25342&group_id=36469&group_type=1Create your account
                  Hide Reviews
                  • 50% Deposit Bonus
                  • Lowest Spreads
                  • 1 USD = 10,000 RP
                  4.7/5

                  Reviews

                    Reviews

                    https://www.sahamok.net/visit/octafxCreate your account
                    Hide Reviews