Mengenal Game Crypto Play to Earn (P2E) dan Contoh Terbaik

Jakarta, Sahamok.net – Kehadiran teknologi blockchain memberikan ruang baru untuk banyak hal. Proyek cryptocurrency adalah contoh yang paling populer, dan sebagian besar menggunakan tekonologi ini. Kemudian, ini menjalar ke lebih banyak kasus penggunaan. Saat ini, telah muncul GameFi, yang mengombinasikan games dan financegame online ini dipadukan dengan decentralized finance (DeFi).

GameFi telah mengubah cara, konsep, dan sistem permainan. Ini memungkinkan pengguna untuk memonetisasi atau ‘menguangkan’ kegiatan bermain games. Ini dikenal sebagai games play to earn (P2E), di mana orang-orang bisa menghasilkan uang (biasanya berupa mata uang kripto) dari bermain games. Tertarik mengenal apa itu game crypto play to earn berserta hubungannya dengan crypto, non-fungible token (NFT), dan metaverse? Berikut ulasannya.

Apa Itu Game Crypto Play to Earn (P2E)?

contoh game crypto play to earn yang menghasilkan uang dan crypto gratis

Game crypto play to earn (P2E) adalah jenis permainan berbasis teknologi blockchain yang memonetisasi pengalaman bermain game. Konsep game P2E memberikan insentif finansial bagi setiap pemain dengan menghabiskan waktu bermain game. Dengan kata lain, semakin banyak (lama) bermain, semakin besar potensi mendapatkan hadiah (reward).

Biasanya, hadiah yang dibayarkan dalam bentuk token asli game atau berupa mata uang kripto (cryptocurrency). Nantinya, reward ini dapat digunakan kembali untuk membeli item di dalam game, sehingga pemain berpeluang menghasilkan lebih banyak token atau saling diperdagangkan di antara para pemain lainnya.

Konsep Awal Game Crypto Play to Earn (P2E)

Konsep dari game crypto play to earn (P2E) sebenarnya tidak jauh berbeda dari game online yang telah ada di awal perkembangan, seperti World of Warcraft dan Second Life. Ini menjadi titik awal di mana aset di dalam game akan memberikan nilai di dunia nyata. Setiap pemain akan berusaha mendapatkan mata uang virtual di dalam game, memperoleh item langka (senjata, karakter, dll) yang juga bisa dijual kepada pemain lain, lalu si penjual mendapatkan uang.

Perbedaan utama game online tradisional dengan game crypto P2E yaitu setiao pemain akan mendapatkan reward berupa token dan aset berbentuk NFT – ini juga memiliki nilai jual yang sangat baik di pasar. Sebagai contoh, ketika pemain mendapatkan item (berbasis NFT) dalam game, itu dapat dijual ke pasar atau ke pemain lain, dengan pembayaran via mata uang digital cryptocurrency.

Faktanya: banyak pemain di seluruh dunia saat ini memainkan games crypto P2E sebagai cara ‘kreatif’ untuk mendapatkan uang atau pendapatan pasif (passive income). Contoh game P2E yang terpopuler saat ini yaitu Axie Infinity. Bahkan games ini memungkinkan orang-orang mendapatkan income lebih tinggi dari UMR, seperti yang terjadi di Filipina.

Cara Kerja Game Play to Earn (P2E)

Game play to earn (P2E) sebagai GameFi sudah menjadi tren terbaru yang muncul di ruang cryptocurrency. Game P2E memanfaatkan teknologi blockchain, dengan fokus memberikan hadiah finansial kepada setiap pemain untuk menyelesaikan misi di dalam game. Dengan mengombinasikan game free-to-play dan crypto, model game crypto P2E menghadirkan fitur gameplay dan mengintegrasikannya ke dalam aspek keuangan decentralized finance (DeFi), seperti staking, lending, trading dan lainnya.

Likuiditas menjadi kasus penggunaan utama untuk blockchain di dalam ekosistem dunia game. Setiap game play to earn biasanya memiliki cadangan token asli yang kemudian disimpan di dalam kontrak pintar (smart contract). Dana ini akan diberikan kepada setiap pemain jika mereka menghabiskan waktu dan berinteraksi dalam permainan.

Sementara itu, NFT akan mewakili token unik yang membuktikan kepemilikan aset digital di dalam game. Di banyak games berbasis blockchain, NFT dapat mewakili item, karakter, dan aset lainnya di dalam game. Pemain yang lebih lama menghabiskan waktu bermain game, berpotensi menghasilkan lebih banyak NFT dan reward seperti crypto. Nantinya, aset crypto – yang berperan sebagai mata uang dan pembayaran di dalam game – dapat dikonversi ke mata uang fiat.

Mengapa Game Play to Earn (P2E) Sangat Populer

Game crypto play to earn (P2E) adalah konsep terbaru berbentuk GameFi yang menjadi populer arena memberikan insentif finansial kepada para pemain. Pastinya, setiap orang akan begitu senang karena dapat menghasilkan uang hanya dengan bermain video game. Model terbaru dari sistem game ini mengacu pada kepemilikan aset nyata dan struktur play to earn termutakhir, yang memungkinkan penggemar game memperoleh bayaran setelah bermain. Ini akan menjadi sangat menarik bagi semua orang, khususnya pecinta games.

Fakta yang menarik: non-fungible token (NFT) dapat menghargai nilainya dan setiap pemain bisa menghasilkan uang dengan cara menjual aset NFT mereka di pasar NFT atau memperdagangkannya di dalam game. Selain itu, NFT juga memungkinkan proses staking, disebut staking NFT: ini memungkinkan pemain untuk menghasilkan pendapatan pasif tanpa harus menjual kepemilikan aset mereka.

Contoh Games Play to Earn (P2E) Terbaik dan Populer

Saat ini, Axie Infinity dan The Sandbox adalah contoh games play to earn berbasis crypto terbaik dan terpopuler. Popularitas dari kedua games blockchain terbaik ini seiring dengan banyaknya perusahaan atau korporasi yang melihat ekosistem ini begitu menarik dan menjanjikan. Bahkan, ini juga dikaitkan dengan ekosistem metaverse, dunia baru berbasis virtual yang diprediksi akan mendominasi kehidupan orang-orang di masa depan.

Axie Infinity

Axie Infinity adalah game berbasis play to earn dan game online berbasis NFT yang sangat populer serta telah menghasilkan banyak buzz di seluruh dunia. Ini juga menjadi aplikasi terdesentralisasi (decentralized app/DApp) nomor satu di ekosistem blockchain Ethereum. DApp adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan aplikasi pada umumnya, namun DApp beroperasi secara mandiri (independen) atau tidak terpusat.

Sementara itu, Axie Infinity Shards atau AXS adalah token tata kelola game yang memungkinkan setiap pemegang AXS untuk dapat mengklaim hadiah melalui staking, bermain game, dan ikut berpartisipasi dalam voting tata kelola utama. Token AXS tersedia di berbagai aplikasi crypto exchanges, seperti Binance, Bybit Huobi, Coinbase, dan sebagainya.

Atau juga bisa membeli koin crypto AXS via platform multiaset terbaik seperti eToro dan Capital. Kelebihannya, di sana selain bisa beli berbagai jenis mata uang kripto, Anda juga berinvestasi pada instrumen saham, emas, komoditas, dan lainnya. Jadi, satu platform mencakup semuanya.

Platform Beli Crypto Terbaik

  • Broker
  • Info
  • Peringkat
  • Link Buka Akun
  • $100,000 Akun Demo
  • Copy Trading
  • Saham, Forex & Bitcoin
5/5

Reviews

    Reviews

    https://www.sahamok.net/visit/etoroCreate your account
    Hide Reviews
    • jual beli lebih dari 2,000 jenis saham
    • Bisa mengikuti cara investor sukses
    • Regulasi terjamin
    4.8/5

    Reviews

      Reviews

      https://www.sahamok.net/visit/capitalCreate your account
      Hide Reviews
      • Bonus Hingga $600
      • Leverage Up to 100x (Crypto)
      • Tersedia Edukasi Gratis
      4.7/5

      Reviews

        Reviews

        https://www.bybitglobal.com/register?affiliate_id=25342&group_id=36469&group_type=1Create your account
        Hide Reviews

        The Sandbox

        The Sandbox adalah sebuah dunia virtual di mana pemain dapat membangun, memiliki, dan memonetisasi pengalaman mereka dalam bermain game. Pada awalnya, ini dibangun di jaringan Ethereum, namun kemudian bermigrasi ke Layer 2 dari Polygon untuk menciptakan transaksi yang lebih cepat dan murah. The Sandbox menjadi salah satu game online berbasis blockchain terbaik dengan tujuan untuk mengganggu dominasi game tradisional seperti Roblox dan Minecraft.

        Keunikan dari The Sandbox adalah dorongan untuk mencapai tingkat kreativitas tinggi. Sementara setiap pemain dapat menyerap dengan dunia The Sandbox – termausk menjelajahi dan berinteraksi dengan teman-teman – tujuan utama dari permainan ini yaitu untuk membuat item unik yang memiliki nilai jual.

        The Sandbox memberikan pencipta kepemilikan sejati atas kreasi yang mereka buat dengan menggunakan NFT. Berbeda dari game crypto atau games NFT lainnya, setiap pemain tidak mendapatkan token asli The Sandbox, SAND, melainkan itu diperoleh dengan menjual kreasi mereka di pasar The Sandbox.

        Ekonomi game sata ini sedang berkembang pesat. Sejumlah aset digital di The Sandbox telah berhasil terjual ribuan dolar. Bahkan, membeli tanah virtual di dunia virtual The Sandbox menjadi incaran banyak perusahaan karena adanya potensi kenaikan harga, terlebih saat ekosistem ini terus melejit di masa depan. Untuk mendapatkan SAND, selain menjual aset di dalam game, Anda juga dapat membeli dan menjual token SAND di berbagai bursa kripto (crypto exchanges).

        Faktanya: sejumlah bidang tanah virtual di dunia The Sandbox telah terjual senilai jutaan dolar. Harga tertinggi yang dibayarkan mencapai $4,3 juta dolar, yang dibeli oleh Republic Realm, perusahaan investasi yang berfokus pada metaverse dan NFT. Nilai pembelian ini sekaligus menjadi rekor tertinggi untuk penjualan tanah di Metaverse sejauh ini.

        Hubungan Games Play to Earn (P2E) dengan Metaverse

        Games menjadi titik awal kelahiran Metaverse. Pada dasarnya, banyak gamers yang sudah menghabiskan waktu mereka di internet dalam dunia virtual game favorit mereka. Tidak hanya sekadar bermain game, mereka juga dapat berkomunikasi antar pemain, saling mengirim pesan, menghadiri event tertentu secara online, dan banyak lagi.

        Mirip dengan game crypto play to earn (P2E), Metaverse juga berlabuh di blockchain dan diperjuangkan oleh aplikasi Web 3.0. Cryptocurrency dan NFT akan menggerakkan ekonomi baru yang terdesentralisasi ini. Landasan umum ini adalah kunci untuk memungkinkan interoperabilitas antar platform sehingga dunia online yang berbeda dapat hidup berdampingan.

        Leave a Reply

        avatar

        This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

          Subscribe  
        Notify of

        Broker Terbaik Indonesia 2022

        • Broker
        • Info
        • Peringkat
        • Link Buka Akun
        • $100,000 Akun Demo
        • Copy Trading
        • Saham, Forex & Bitcoin
        5/5

        Reviews

          Reviews

          https://www.sahamok.net/visit/etoroCreate your account
          Hide Reviews
          • jual beli lebih dari 2,000 jenis saham
          • Bisa mengikuti cara investor sukses
          • Regulasi terjamin
          4.8/5

          Reviews

            Reviews

            https://www.sahamok.net/visit/capitalCreate your account
            Hide Reviews
            • Forex, CFD, and Crypto
            • No minimum deposit
            • No direct withdrawal or deposit fees
            • Competitive spreads, margins and trading costs
            4.8/5

            Reviews

              Reviews

              https://go.oanda.com/visit/?bta=35112&nci=5439Create your account
              Hide Reviews
              • +160 CFD assets
              • Gratis tools fundamental & teknikal
              • Tampilan MT4 yang mudah
              4.7/5

              Reviews

                Reviews

                https://portal.xpromarkets.com/ind/live_signup&brd=1&sidc=FCD9140E-61B4-4F70-B6C2-331143180AFBCreate your account
                Hide Reviews
                • Bonus Hingga $600
                • Leverage Up to 100x (Crypto)
                • Tersedia Edukasi Gratis
                4.7/5

                Reviews

                  Reviews

                  https://www.bybitglobal.com/register?affiliate_id=25342&group_id=36469&group_type=1Create your account
                  Hide Reviews
                  • 50% Deposit Bonus
                  • Lowest Spreads
                  • 1 USD = 10,000 RP
                  4.7/5

                  Reviews

                    Reviews

                    https://www.sahamok.net/visit/octafxCreate your account
                    Hide Reviews